Senin, 28 Oktober 2024

Pertamina UMK Academy Raih Penghargaan Berkelanjutan dalam MECA 2024

Pertamina UMK Academy Raih Penghargaan Berkelanjutan dalam MECA 2024

Jakarta – PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan Marketeers Editor’s Choice Award untuk program "Pertamina New UMK Academy 2024" dalam kategori SME Enabler Program of The Year. New UMK Academy 2024 adalah inovasi lanjutan dari UMK Academy yang telah berlangsung selama lima tahun terakhir.

Ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) ini merupakan penghargaan untuk merek-merek yang berani membuat terobosan kreatif dan inovatif di dunia pemasaran. Pertamina UMK Academy 2024, dengan format barunya, dinilai oleh Dewan Editor Marketeers sebagai program pembinaan yang efektif membantu pelaku UMK untuk beradaptasi dengan perkembangan pasar.

Program ini memberikan pelatihan untuk mendorong UMK berinovasi, memanfaatkan teknologi digital yang diperkaya dengan unsur gamifikasi. UMK Academy adalah program berkelanjutan dengan cakupan luas yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Baca Juga

PLN Enjiniring Kembangkan Pasar Oksigen Rendah Karbon, Tim GOXY Raih Juara III di HLN ke-79

CEO Marketeers dan MarkPlus Inc., Iwan Setiawan, menilai bahwa inisiatif Pertamina ini mencerminkan upaya serius dalam mempersiapkan UMK untuk bersaing di tengah ketatnya kompetisi dan kondisi pasar yang dinamis. Menurutnya, "Terobosan-terobosan ini layak menjadi brand story yang kuat, yang terdiri dari elemen inovasi dan inspirasi."

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengapresiasi penghargaan yang diraih. Penghargaan ini, menurutnya, membuktikan bahwa Pertamina tak hanya berfokus pada bisnis energi, namun juga aktif memberdayakan UMK sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

Program dengan tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” diharapkan dapat menginspirasi UMK untuk berinovasi, meningkatkan kreativitas dari produksi hingga pemasaran, dan bahkan mengembangkan usaha hingga ke tingkat internasional.

"Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini, yang memacu kami untuk terus berkontribusi mencetak UMK yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri," ujar Fadjar.

Sebagai program pembinaan dan pelatihan berjenjang, Pertamina UMK Academy dilaksanakan secara terstruktur, terintegrasi, dan berkelanjutan di berbagai wilayah di Indonesia. Kurikulumnya mencakup prinsip-prinsip utama seperti Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global, yang juga mengintegrasikan prinsip Go Green.

Sejak diluncurkan pada 2020, antusiasme UMK untuk mengikuti program ini terus meningkat. Tahun ini, lebih dari 8.500 UMK dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri, dengan 1.686 UMK terpilih sebagai peserta. Pertamina juga terus berinovasi untuk meningkatkan manfaat yang diterima UMK dari program ini.

"Dengan pendampingan intensif, kami harap peserta UMK Academy akan semakin sukses, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, hingga menjangkau pasar global," tambahnya.

Pertamina juga menyiapkan program lanjutan, yakni Pertapreneur Aggregator, yang melibatkan UMKM binaan untuk membina UMKM lainnya melalui jaringan kolaborasi antar-UMKM.

Sebagai perusahaan yang mendukung target Net Zero Emission 2060, Pertamina berkomitmen untuk terus mendorong program-program berkelanjutan yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) serta menerapkan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnisnya.

Tim Redaksi II

Tim Redaksi II

variaenergi.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Pertamina: Kolaborasi Kreatif dalam Setiap Cangkir Kopi

Pertamina: Kolaborasi Kreatif dalam Setiap Cangkir Kopi

Pertamina SMEXPO 2024: Eksplorasi Rasa dari Ladang ke Cangkir

Pertamina SMEXPO 2024: Eksplorasi Rasa dari Ladang ke Cangkir

Pertamina: Menjaga Kearifan Lokal Melalui Kopi

Pertamina: Menjaga Kearifan Lokal Melalui Kopi

Pertamina UMK Academy Menjadi Program UMKM Berkelanjutan Inspiratif

Pertamina UMK Academy Menjadi Program UMKM Berkelanjutan Inspiratif

Pertamina UMK Academy Mendorong Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan

Pertamina UMK Academy Mendorong Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan