Senin, 28 Oktober 2024

Pertamina Kolaborasi dengan FHCI untuk Lingkungan Kerja yang Harmonis

Pertamina Kolaborasi dengan FHCI untuk Lingkungan Kerja yang Harmonis

Bali - Fungsi Human Capital memainkan peran krusial dalam memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan guna mencapai target perusahaan melalui penciptaan lingkungan dan budaya kerja yang inklusif dan harmonis.

Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan hal ini, Pertamina bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menggelar acara bertajuk Employee & Industrial Relations Conference (EIRC) 2024, yang berlangsung pada tanggal 19-20 September 2024 di The Patra Resort & Villas, Bali. Di tahun kedua penyelenggaraannya, acara ini mengusung tema Empowering The Future Workforce: Innovation, Resilience & Employee Well-Being To Create A Respectful Workplace.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, menjelaskan bahwa forum EIRC 2024 ini sejalan dengan upaya transformasi dan perbaikan yang sedang dilakukan di lingkungan BUMN dalam aspek tata kelola, proses bisnis, dan sumber daya manusia. Menurutnya, industrial & employee relations merupakan salah satu elemen penting dalam pengembangan SDM.

Baca Juga

PLN Enjiniring Kembangkan Pasar Oksigen Rendah Karbon, Tim GOXY Raih Juara III di HLN ke-79

Tedi menambahkan bahwa Kementerian BUMN juga sedang melakukan transformasi melalui vehicle human capital architecture, yaitu pendekatan yang memfokuskan pada bagaimana para pemimpin dan manajemen membangun hubungan harmonis serta sinergi dengan karyawan.

“Harapan kami adalah agar seluruh BUMN, termasuk anak perusahaan dan afiliasinya, dapat membangun hubungan harmonis dengan karyawan. Hal ini menjadi kunci bagi perusahaan dalam mendorong performa kerja yang lebih optimal,” ungkap Tedi.

Pada kesempatan ini, Tedi juga menyampaikan pesan kepada seluruh BUMN di Indonesia untuk saling menjaga, saling mendukung, agar sinergi yang tercipta dapat memperkuat peran BUMN sebagai value creator dan agent of development yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial bangsa.

“FHCI diharapkan dapat menjadi katalis dalam menjembatani komunikasi yang lebih baik, menjadi sarana pembelajaran atau sharing session antar-BUMN, serta mendukung penyampaian program-program BUMN guna menjamin sinergi yang berkelanjutan. Kementerian BUMN akan merangkul seluruh BUMN untuk membangun kerja sama yang solid melalui FHCI,” tambah Tedi.

Ketua Umum FHCI, Agus Dwi Handaya, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah wujud kolaborasi antara Kementerian BUMN, FHCI, dan Pertamina dalam membangun hubungan harmonis antara manajemen perusahaan dan karyawan guna menemukan keseimbangan antara kesejahteraan pekerja dan peningkatan kinerja perusahaan.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina sekaligus Ketua Bidang 4 Employee & Industrial Relations serta Koordinator Steering Committee FHCI, M. Erry Sugiharto, menjelaskan bahwa EIRC 2024 berfungsi sebagai wadah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan membahas berbagai isu hubungan industrial antara manajemen dan pekerja.

“Harapannya, kita bisa menggali berbagai isu hubungan industrial antara pengusaha dan pekerja, sehingga didapatkan solusi terbaik dari semua pihak terkait untuk mewujudkan aspirasi perusahaan,” jelas M. Erry Sugiharto.

Sebagai penutup, diskusi ini menekankan bahwa hubungan industrial adalah alat utama dalam menyeimbangkan kepentingan pengusaha dan pekerja untuk menjamin stabilitas dan harmonisasi yang diharapkan mampu mendorong produktivitas dan budaya kerja yang unggul.

Pertamina sebagai perusahaan yang memimpin transisi energi berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus menjalankan program-program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Tim Redaksi II

Tim Redaksi II

variaenergi.com adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Pertamina: Edukasi Masyarakat tentang Energi Berkelanjutan

Pertamina: Edukasi Masyarakat tentang Energi Berkelanjutan

Pertamina dan Bappenas Bersama Wujudkan Stabilitas Energi

Pertamina dan Bappenas Bersama Wujudkan Stabilitas Energi

Pertamina Sorong: Sinergi Energi dan Kesehatan untuk Pembangunan

Pertamina Sorong: Sinergi Energi dan Kesehatan untuk Pembangunan

Pertamina Perkuat Ketahanan Energi Nasional melalui Sinergi dengan Bappenas

Pertamina Perkuat Ketahanan Energi Nasional melalui Sinergi dengan Bappenas

Pertamina: Menyediakan Layanan Kesehatan yang Komprehensif

Pertamina: Menyediakan Layanan Kesehatan yang Komprehensif