Pertamina UMK Academy Menjadi Program UMKM Berkelanjutan Inspiratif

Senin, 28 Oktober 2024 | 20:30:24 WIB

Jakarta – PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan bergengsi Marketeers Editor’s Choice Award untuk program unggulannya, Pertamina New UMK Academy 2024, dalam kategori SME Enabler Program of The Year. Program New UMK Academy 2024 ini merupakan pengembangan inovatif dari UMK Academy yang telah dijalankan Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) adalah ajang penghargaan yang secara khusus mengapresiasi berbagai merek atas terobosan kreatif dan inovatif yang mereka lakukan dalam dunia pemasaran sepanjang tahun terakhir.

Pertamina UMK Academy 2024 hadir dengan format yang lebih modern dan dinilai oleh Dewan Editor Marketeers sebagai program pembinaan efektif yang mendorong pelaku UMKM beradaptasi dengan perkembangan terbaru di dunia pemasaran. Program pelatihan ini memberikan berbagai keterampilan yang memacu UMKM untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital, disajikan dalam bentuk yang menarik melalui gamifikasi.

Selain itu, UMK Academy merupakan program pemberdayaan berkelanjutan dengan jangkauan peserta yang luas dan telah menunjukkan dampak nyata bagi masyarakat.

CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, Iwan Setiawan, mengapresiasi langkah Pertamina yang dinilai sebagai upaya serius untuk membantu UMKM bersaing dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif. “Berbagai terobosan ini menciptakan brand story yang layak untuk disebarluaskan. Brand story yang kuat mengandung dua elemen pokok: inovasi dan inspirasi,” ujarnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan apresiasi atas penghargaan ini. Menurutnya, pencapaian ini menunjukkan komitmen Pertamina, bukan hanya sebagai perusahaan energi nasional, tetapi juga sebagai penggerak pemberdayaan UMKM yang menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia.

Dengan mengusung tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” di 2024, program ini mendorong para UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memproduksi serta memasarkan produk sehingga dapat berkembang lebih cepat dan menembus pasar internasional.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. Pencapaian ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berkontribusi dalam membangun UMKM yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri,” ungkap Fadjar.

Pertamina UMK Academy adalah program pembinaan yang meliputi pelatihan dan pendampingan UMKM secara terstruktur, berjenjang, dan berkelanjutan dari berbagai wilayah di Indonesia. Program ini memiliki kurikulum utama yang meliputi: Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global, yang mengintegrasikan prinsip Go Green dalam setiap kegiatannya.

Sejak dilaksanakan pada tahun 2020, program ini terus menarik minat UMKM di seluruh Indonesia. Tahun ini saja, lebih dari 8.500 UMKM mendaftarkan diri dan 1.686 UMKM berhasil terpilih sebagai peserta program. Pertamina pun terus berinovasi agar para peserta memperoleh nilai tambah yang maksimal dari program ini.

“Melalui pendampingan intensif, kami berharap para peserta UMK Academy dapat semakin berkembang, baik dari segi jumlah tenaga kerja, kapasitas produksi, omzet, maupun keterlibatan masyarakat sekitar, serta memperoleh sertifikasi nasional dan internasional hingga merambah pasar global,” tambahnya.

Pertamina juga memperkenalkan tahap lanjutan dari program UMK Academy, yaitu Pertapreneur Aggregator. Program kolaboratif ini memungkinkan UMKM binaan Pertamina untuk membina UMKM lain di sekitarnya, menciptakan jejaring antar-UMKM yang lebih kuat.

Sebagai pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 melalui program-program yang berdampak positif terhadap capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di setiap lini bisnis dan operasi Pertamina.

Terkini