Pertamina Kembali Peroleh Penghargaan untuk Program Pendukung UMK Berkelanjutan

Rabu, 16 Oktober 2024 | 12:06:19 WIB

Jakarta - PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan Marketeers Editor’s Choice dalam kategori SME Enabler Program of The Year untuk program Pertamina New UMK Academy 2024. Ini merupakan pengembangan dari UMK Academy yang telah dilaksanakan oleh Pertamina selama lima tahun terakhir.

Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) adalah ajang penghargaan yang menilai merek-merek berdasarkan inovasi dan kreativitas dalam pemasaran selama setahun terakhir.

New UMK Academy 2024 dinilai oleh Dewan Editor Marketeers sebagai program pembinaan yang membantu pelaku UMK beradaptasi dengan perkembangan pemasaran. Pelatihan yang diberikan mendorong UMK untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital melalui pendekatan gamifikasi.

Selain itu, UMK Academy merupakan program berkelanjutan yang menjangkau banyak peserta dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Iwan Setiawan, CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, menilai bahwa upaya Pertamina dalam memberdayakan UMK sangat serius, terutama dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat dan tantangan pasar. "Inovasi dan inspirasi adalah dua elemen penting dari brand story yang kuat," ujarnya.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengapresiasi penghargaan tersebut. Ini menunjukkan bahwa Pertamina tidak hanya fokus pada bisnis energi, tetapi juga berkontribusi dalam pemberdayaan UMK, yang merupakan pilar perekonomian Indonesia.

Program dengan tagline “Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju” di 2024 bertujuan untuk mendorong UMK berinovasi dan kreatif dalam produksi dan pemasaran, agar dapat lebih maju dan bersaing di tingkat internasional.

"Kami bersyukur atas penghargaan ini, yang memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam menciptakan UMK yang tangguh, berkualitas, inovatif, dan mandiri," tambah Fadjar.

Pertamina UMK Academy adalah program pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dan berkelanjutan dari berbagai wilayah di Indonesia, dengan kurikulum yang fokus pada Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, serta menerapkan prinsip Go Green dalam setiap program.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, antusiasme UMK untuk mengikuti program ini terus meningkat. Tahun ini, lebih dari 8.500 UMK mendaftar, dan 1.686 UMK terpilih menjadi peserta program. Pertamina terus berinovasi untuk meningkatkan manfaat program ini bagi UMK.

"Dengan pendampingan intensif, diharapkan peserta UMK Academy dapat sukses, mulai dari peningkatan jumlah pegawai hingga akses ke pasar global," harapnya.

Selain itu, Pertamina juga merencanakan tahap lanjutan dari UMK Academy, yaitu Pertapreneur Aggregator, sebuah program kolaborasi di mana UMKM binaan akan membina UMKM lainnya dan membangun jejaring kolaborasi.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dan berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), selaras dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) dalam semua lini bisnis dan operasinya.

Terkini